Contoh Prosedur Kerja Pakaian Seragam
Contoh Prosedur Kerja Pakaian Seragam
Kewajiban mengenakan seragam
setiap karyawan yamaha mataram sakti wajib mengenakan
seragam sesuai dengan ketentuan, pada hari dan jam kerja. Seragam tersebut
sebagai identitas ybs dari perusahaan.
untuk pakaian bagian atas (atasan) menggunakan
seragam, bawahan untuk frontliner wanita wajib menggunakan rok pendek, wanita
non frontliner boleh menggunakan celana bahan, untuk karyawan laki-laki
memakai celana rapi, sepatu menyesuaikan.
Perkecualian
untuk hari minggu masuk dan hari libur nasional yang
masuk (on), karyawan diperbolehkan tidak menggunakan seragam. Dapat
mengenakan kaos berkerah, dengan tetap berpenampilan rapi dan menggunakan
sepatu.
Karyawan dengan level jabatan tertentu berhak untuk tidak memakai
seragam. Selain itu karyawan yang sedang hamil, atau sakit, atau berkebutuhan
khusus dapat dibebaskan dari kewajiban mengenakan seragam (dengan
konfirmasi).
Penerimaan seragam
karyawan yang berhak menerima seragam baru adalah:
Karyawan baru, dengan masa kerja minimal 20 hari (untuk salesman)/ 30
hari (untuk non sales) - maksimal 90 hari terhitung sejak nama karyawan masuk
ke dalam sistem karyawan (sejak tanggal masuk).
Karyawan lama, yang telah tiba waktu untk penggantian seragam,
selambat-lambatnya 90 hari sejak jatuh tempo penggantian seragam.
Stok seragam
setiap cabang akan selalu memiliki stok seragam di
gudangnya. Jumlahnya dapat di cek di stok sistem persediaan barang hadiah.
(klik di sini untuk tutorial cara cek stok seragam).
Apabila stok seragam di cabang mulai menipis, maka kaops/kacab dapat
mengajukan stok tambahan ataupun penukaran stok dengan cabang lain yang akan
diatur lebih lanjut oleh hrd. Cabang wajib mengiinformasi kepada hrd apabila
stok seragamnya akan habis.
Penanggungjawab stok seragam di cabang adalah kaops/admin yang ditunjuk.
Penggantian seragam
karyawan wajib mengganti seragam secara periodik. Ini
untuk mengindari karyawan yang performance-nya kurang menarik karena seragam
yang dipakai sudah rusak. Penggantian seragam ini tersistem, sehingga apabila
jatuh tempo penggantian, wajib diinput penyerahan seragam baru. Jika tidak,
sistem karyawan di cabang tersebut akan mengalami break harian >> ngelock.
secara umum aturan penggantian adalah 6 bulan sekali
untuk karyawan lapangan, dan 12 bulan sekali untuk frontliner dan staff.
Kepemilikan seragam
seragam yang diterima oleh karyawan menjadi hak milik
karyawan sepenuhnya, sehingga ketika karyawan tersebut keluar tidak perlu
dikembalikan kepada perusahaan.
Penanggungjawab pengadaan seragam
pengadaan seragam baru, beserta inputan penyerahan
seragam sepenuhnya menjadi tanggungjawab cabang masing-masing, dengan
koordinasi ke hrd. Cabang harus tanggap dengan ketersediaan stok, waktu
penggantian seragam, dan karyawan yang belum mendapatkan seragam.
Kewajiban mengenakan seragam
karyawan yang tidak menggunakan seragam sesuai dengan
ketentuan dapat dikenaik teguran awal, bahkan surat peringatan. Jika terkendala
tidak memiliki seragam, dapat menghubungi kaops masing-masing atau kami di
hrd.
|
Komentar
Posting Komentar