Contoh Prosedur Kerja Pakaian Seragam


Contoh Prosedur Kerja Pakaian Seragam

Kewajiban mengenakan seragam
     setiap karyawan yamaha mataram sakti wajib mengenakan seragam sesuai dengan ketentuan, pada hari dan jam kerja. Seragam tersebut sebagai identitas ybs dari perusahaan.
     untuk pakaian bagian atas (atasan) menggunakan seragam, bawahan untuk frontliner wanita wajib menggunakan rok pendek, wanita non frontliner boleh menggunakan celana bahan, untuk karyawan laki-laki memakai celana rapi, sepatu menyesuaikan.

Perkecualian
     untuk hari minggu masuk dan hari libur nasional yang masuk (on), karyawan diperbolehkan tidak menggunakan seragam. Dapat mengenakan kaos berkerah, dengan tetap berpenampilan rapi dan menggunakan sepatu.
Karyawan dengan level jabatan tertentu berhak untuk tidak memakai seragam. Selain itu karyawan yang sedang hamil, atau sakit, atau berkebutuhan khusus dapat dibebaskan dari kewajiban mengenakan seragam (dengan konfirmasi).

Penerimaan seragam
     karyawan yang berhak menerima seragam baru adalah:
Karyawan baru, dengan masa kerja minimal 20 hari (untuk salesman)/ 30 hari (untuk non sales) - maksimal 90 hari terhitung sejak nama karyawan masuk ke dalam sistem karyawan (sejak tanggal masuk).
Karyawan lama, yang telah tiba waktu untk penggantian seragam, selambat-lambatnya 90 hari sejak jatuh tempo penggantian seragam.

Stok seragam
     setiap cabang akan selalu memiliki stok seragam di gudangnya. Jumlahnya dapat di cek di stok sistem persediaan barang hadiah. (klik di sini untuk tutorial cara cek stok seragam).
Apabila stok seragam di cabang mulai menipis, maka kaops/kacab dapat mengajukan stok tambahan ataupun penukaran stok dengan cabang lain yang akan diatur lebih lanjut oleh hrd. Cabang wajib mengiinformasi kepada hrd apabila stok seragamnya akan habis.
Penanggungjawab stok seragam di cabang adalah kaops/admin yang ditunjuk.

Penggantian seragam
     karyawan wajib mengganti seragam secara periodik. Ini untuk mengindari karyawan yang performance-nya kurang menarik karena seragam yang dipakai sudah rusak. Penggantian seragam ini tersistem, sehingga apabila jatuh tempo penggantian, wajib diinput penyerahan seragam baru. Jika tidak, sistem karyawan di cabang tersebut akan mengalami break harian >> ngelock.
     secara umum aturan penggantian adalah 6 bulan sekali untuk karyawan lapangan, dan 12 bulan sekali untuk frontliner dan staff.

Kepemilikan seragam
     seragam yang diterima oleh karyawan menjadi hak milik karyawan sepenuhnya, sehingga ketika karyawan tersebut keluar tidak perlu dikembalikan kepada perusahaan.

Penanggungjawab pengadaan seragam
     pengadaan seragam baru, beserta inputan penyerahan seragam sepenuhnya menjadi tanggungjawab cabang masing-masing, dengan koordinasi ke hrd. Cabang harus tanggap dengan ketersediaan stok, waktu penggantian seragam, dan karyawan yang belum mendapatkan seragam.

Kewajiban mengenakan seragam
     karyawan yang tidak menggunakan seragam sesuai dengan ketentuan dapat dikenaik teguran awal, bahkan surat peringatan. Jika terkendala tidak memiliki seragam, dapat menghubungi kaops masing-masing atau kami di hrd.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Jenis – Jenis Administrasi dan Pengelompokkan Administrasi

Menerapkan Pedoman, Prosedur, dan Aturan Kerja di Perusahaan

Jenis dan Fungsi Grafik