Biaya Produksi

Biaya Produksi adalah semua pengeluaran yang dilakukan oleh perusahaan untuk memperoleh input produksi (faktor-faktor produksi) yang akan digunakan untuk mendukung kegiatan.

Tujuan Analisis Biaya Produksi
1.   Pengendalian biaya dan jika memungkinkan menguranginya 
2.   Pengukuran efesiensi

3.   Penyederhanaan prosedur pembiayaan4.   Penilaian persediaan5.   Penentuan harga jual

Asumsi Teori Biaya Produksi

Jumlah output produksi perusahaan ditentukan oleh pasar dan berapapun unit ouput yang diproduksi akan diserap oleh pasar, sehingga perusahaan tidak perlu memikirkan strategi penjualan.
- Input
1. Tenaga kkerja.
2. Modal.
- Biaya Implisit
Biaya yang secara nyata dikeluarkan oleh perusahaan,atau biaya yang dikeluarkan dimana terdapat pembayaran kas.
- Biaya Ekspilisit
Nilai dari input yang dimiliki perusahaan yang digunakan dalam proses produksi, tetapi tidak sebagai pengeluaran nyata yang dikeluarkan perusahaan (Opportunity Cost).
- Biaya Produksi Jangka Pendek
Terdapat tiga konsep untuk mempelajari biaya produksi jangka pendek, yaitu:


1. Biaya total (total cost = TC)

  Biaya total adalah jumlah total biaya yang dikeluarkan oleh perusahaan untuk memperoleh output produksi. Biaya total merupakan penjumlahan biaya tetap dan biaya variabel perusahaan. Secara matematis, rumus untuk menghitung biaya total adalah:
  TC = FC + VC
Keterangan:
TC   =  biaya total
FC   =  biaya tetap, yaitu merupakan biaya produksi yang jumlahnya tetap dan tidak terpengaruh dengan jumlah produk yang diproduksi oleh perusahaan.
VC   =   biaya variabel, yaitu merupakan biaya produksi yang jumlahnya berubah-ubah mengikuti jumlah produk yang diproduksi oleh perusahaan. Secara matematis, rumus untuk menghitung biaya variabel adalah:
  VC = VC per unit x Q

2. Biaya rata-rata (average cost = AC)

  Biaya rata-rata adalah biaya yang dikeluarkan oleh perusahaan untuk memproduksi satu unit produk. Biaya rata-rata merupakan penjumlahan biaya tetap rata-rata (average fixed cost=AFC) dan biaya variabel rata-rata (average variable cost=AVC). Secara matematis, rumus untuk menghitung biaya rata-rata adalah:
   AC = AFC + AVC

3. Biaya marjinal (marginal cost = MC)
  Biaya marjinal merupakan tambahan biaya yang ditanggung oleh perusahaan karena perusahaan menambah kapasitas produksinya

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Jenis – Jenis Administrasi dan Pengelompokkan Administrasi

Menerapkan Pedoman, Prosedur, dan Aturan Kerja di Perusahaan

Jenis dan Fungsi Grafik