Laporan Keuangan untuk Perusahaan Dagang


Jenis laporan keuangan yang harus dibuat oleh semua perusahaan pada dasarnya sama, yaitu terdiri dari laporan laba rugi, laporan perubahan ekuitas, dan neraca, laporan arus kas dan catatan atas laporan keuangan. Namun, yang perlu kita perhatikan adalah karena adanya perbedaan sifat perusahaannya, maka tentu saja kompleksitas laporan keuangan dagang tidak akan sama dengan laporan keuangan perusahaan jasa. Pada perusahaan jasa, penyusunan laporan keuangan relatif lebih sederhana dari pada penyusunan laporan keuangan di perusahaan dagang. Laporan laba rugi pada perusahaan dagang terdiri dari dua bentuk, yaitu bentuk bertahap (multiple step income statement) dan bentuk langsung (single step incime statement). Sedangkan, pada perusahaan jasa hanya ada satu bentuk laporan laba rugi saja.

Bentuk laporan laba rugi bertahap disiapkan dengan komponen-komponen sebagai berikut:
1. Penjualan adalah jumlah yang dibebankan kepada para pelanggan atas barang yang dijual perusahaan ke pelanggan yang bersangkutan, baik secara tunai maupun kredit. Untuk mendapatkan nilai penjualan bersih, retur dan pengurangan harga serta diskon penjualan dikurangkan pada nilai penjualan kotor.

2. Retur dan potongan harga diberikan kepada pelanggan untuk barang yang rusak atau cacat. Retur dan potongan harga diakui ketika barang dagangan dikembalikan atau ketika potongan diberikan oleh penjual

3. Diskon penjualan diberikan penjual kepada pelanggan untuk pembayaran lebih awal dari jumlah terutang. Diskon penjualan diakui pada saat pelanggan membayar tagihan penjualan.

4. Penjualan bersih diperoleh dengan mengurangkan retur dan potongan
harga serta diskon penjualan terhadap penjualan.

5. Harga pokok penjualan adalah harga barang yang terjual ke pelanggan. Besarnya harga pokok penjualan bisa ditetapkan setiap kali penjualan barang dagangan terjadi atau pada akhir periode akuntansi. Harga pokok penjualan bisa ditentukan setiap kali penjualan terjadi, apabila perusahaan menggunakan sistem persediaan perpetual. Namun jika harga pokok penjualan baru dapat ditentukan pada akhir periode akuntansi, dikatakan bahwa perusahaan menggunakan sistem persediaan periodik. Ketika perusahaan menggunakan sistem persediaan perpetual, semua pencatatan secara detail terhadap persediaan barang dagangan setiap saat dilakukan, sehingga setiap saat nilai persediaan bisa diketahui.  Untuk menentukan harga pokok penjualan dengan menggunakan sistem persediaan periodik, perlu dilakukan hal-hal berikut ini:
1. Mencatat pembelian barang dagangan
2. Menentukan harga pokok barang yang dibeli
3. Menentukan harga pokok persediaan pada awal dan akhir periode akuntansi.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Jenis – Jenis Administrasi dan Pengelompokkan Administrasi

Menerapkan Pedoman, Prosedur, dan Aturan Kerja di Perusahaan

Jenis dan Fungsi Grafik