Departement Hotel dan Fungsinya


Hotel sebagai suatu usaha industri pelayanan jasa memproduksi, menyediakan serta melayani tamu/pelanggan dalam bentuk barang dan jasa. Untuk dapat terlaksananya penyediaan dan pelayan produk-produk hotel, diperlukan suatu kerjasam serta pembagian fungsi dan tugas sesuai dengan bidang kerjanya.
Sesuai fungsinya, penyelenggaraan kerja hotel berbintang dibagi menjadi beberapa departemen, yaitu:

1. Departemen Kantor Depan (Front Office Departement)
Departemen ini bertugas mulai dari menerima pesanan kamar, memberikan informasi kepada calon tamu, menerima kedatangan tamu (Check -In), menangani telepon, menangani barang-barang tamu, menangani keberangkatan tamu (Check-In Out), serta menangani ambungan telepon.

2. Departemen Tata Graha (Housekeeping Departement)
Departemen yang bertugas memelihara kebersihan, kerapian dan kelengkapan kamar-kamar tamu, restoran, bar, dan temmpat-tempat umum dalam hotel, termasuk tempat-tempat umum untuk karyawan yang bekerja di hotel.

3. Departemen Makanan dan Minuman (Food & Beverage Service Departement Service)
Departemen yang bertugas menyajikan makanan dan minuman untuk para wisatawan.

4. Departemen Tata Boga (Food Production)
Bertugas untuk menyiapkan makanan baik untuk tamu atau pelanggan yang meginap di hotel maupun bagi karyawan yang bekerja di hotel.

5. Departemen Pemasaran (Marketing Departement)
Bertugas memasarkan produk hotel, termasuk di dalamnya promosi dan penjualan produk hotel.

6. Departemen Akuntansi (Accounting Departement)
Berugas mengelola keuangan baik penerimaan maupun pengeluaran hotell.

7. Departemen Pembeian (Purchasing Departement)
Bertugas melaksanakan pembelian dan penerimaan barang-barang atau alat-aat perlengkapan untuk keperluan hotel.

8. Departemen Teknik (Egeneering Departement)
Bertugas melaksanakan perencanaan, pemasangan dan pemeliharaan gedung, serta perlengkapan hotel lainnya.

9. Departemen Keamanan (Security Departement)
Bertugas menjaga dan memelihara keamanan serta ketertiban baik di dalam maupun di lingkungan seputar hotel.

10. Departemen Personalia (Personnel Departement)
Bertugas melaksanakan pemilihan dan pengadaan tenaga kerja hotel, termasuk didalamnya pemeliharaan moral dan kesejahtraan tenaga kerja serta peningkatan pengetahuan dan ketrampilan karyawan yang bekerja di hotel.

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Jenis – Jenis Administrasi dan Pengelompokkan Administrasi

Menerapkan Pedoman, Prosedur, dan Aturan Kerja di Perusahaan

Jenis dan Fungsi Grafik